5 Jenis Penyakit Menular Lewat Ciuman

5 Jenis Penyakit Menular Lewat Ciuman - Berciuman dengan lawan jenis merupakan tanda kasih sayang. Ada beragam jenis ciuman yang biasa dilakukan oleh pasangan mulai dari kecupan mesra di dahi, ciuman di bibir hingga French kiss. Para ahli menyebutkan bawah berciuman bisa memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Secara psikologis anda akan merasa bahagia dan senang ketika berciuman dengan pasangan yang anda cintai. Namun berciuman juga bisa berubah menjadi malapekata karena bisa menyebarkan berbagai jenis penyakit menular. Bakteri dan virus yang terdapat dalam darah dan air liur bisa menyebar ke orang lain lewat ciuman.



Penyakit meningokokus. Salah satu jenis penyakit menular melalui ciuman yang membahayakan jiwa anda adalah penyakit meningokokus. Penyakit ini bisa ditularkan oleh penderita kepada pasangannya lewat kontak dengan air liur. Penyakit ini menimbulkan radang pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Si pederita perlu segera mendapatkan pengobatan yang tepat agar penyakit tersebut tidak semakin parah dan menyebar.

Glandular fever atau kissing disease. Kissing disease atau yang dikenal dengan istilah grandular fever ini merupakan jenis penyakit menular yang kerap menjangkiti pasangan yang sering berciuman. Penyakit ini dipicu oleh virus Epstein-Barr yang mengakibatkan infeksi mononucleosis.

Flu dan pilek. Saat anda sedang mengalami pilek dan flu, lebih baik tidak usah berciuman dulu dengan pasangan. Virus penyebab penyakit pilek dan flu tersebut bisa menjangkiti pasangan anda lewat kontak langsung, ciuman, dan tetesan air liur. Meskipun pilek dan flu bukan penyakit yang mengancam jiwa, tentu anda pasangan akan merasa tak nyaman saat harus mengalaminya.

Herpes. Berciuman juga berpotensi menyebarkan jenis penyakit menular akibat virus herpes. Virus ini ada banyak.Virus herpes simplex menimbulkan cold sores, sedangkan varicella-zoster menyebabkan cacar air. Selain lewat ciuman virus ini juga bisa menjangkiti anda lewat kontak langsung dengan si penderita. Cacar bisa menyebar melalui media udara, tetesan air liur dan kontak langsung. Herpes ditandai dengan terbentuknya lesi yang didalamnya terdapat nanah. Bila lesi tersebut pecah dan mengenai tubuh anda, maka anda juga bisa terjangkit virus tersebut meskipun si penderita sudah sembuh.

Hepatitis B. Hati-hati saat berciuman bila pasangan anda memiliki luka terbuka di dalam mulut. Jenis penyakit menular seperti hepatitis B bisa menyebar ke tubuh melalui ciuman. Virus ini disebarkan melalui kontak dengan aliran darah seseorang.

Blog, Updated at: 10:34

0 comments:

Post a Comment

Kategori

Daftar isi