Gangguan Kesehatan Akibat Patah Hati

Gangguan Kesehatan Akibat Patah Hati - Patah hati memang tidak menyenangkan sebab secara psikologis beban anda bertambah berat. Siapapun pasti pernah mengalami patah hati baik saat ia masih belia ataupun sudah dewasa. Patah hati bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari stress berat hingga depresi bila patah hati dibiarkan berlarut-larut menguasai pikiran anda. Beberapa bagian tubuh dari kita akan tersakiti. Anda perlu mengelola perasaan dengan baik sehingga patah hati tidak berdampak negatif bagi kesehatan tubuh secara umum.



Berikut adalah bagian tubuh yang akan terkena imbasnya saat anda patah hati :

Sistem Hormonal. Sistem hormonal terganggu saat putus cinta. Kelenjar adrenal pun dalam waktu sekejab meningkatkan produksi hormon adrenalin dan kortisol. Kuantitas hormon yang diproduksi berbeda pada setiap orang. Semakin tinggi stress yang anda alami, ketidakseimbangan hormon pun semakin meningkat. Sistem hormon yang tidak seimbang juga berakibat buruk pada meningkatnya tekanan darah dalam tubuh dan sistem peredaran darah yang tak lancar. Untuk mengendalikannya anda perlu mengelola stress dengan baik melalui meditasi hingga yoga.

Sistem Imun. Hati-hati ketika mendengar kata putus dari pasangan sebab sistem imunitas dalam tubuh pun jadi terpengaruh. Daya tahan tubuh jadi menurun karena penyakit mudah masuk ke dalam tubuh. Akibatnya mereka yang sedang patah hati sering mengeluhkan badan terasa meriang dan demam.

Perut. Stres yang dirasakan akibat patah hati ini membuat anda merasakan gangguan kesehatan pada perut. Stres yang tidak dikelola dengan baik bisa membuat produksi asam lambung meningkat sehingga anda kerap merasa mulas. Selain itu banyak pula yang merasa tak nafsu makan karena otak tidak mengirimkan sinyal lapar.

Otak. Gangguan kesehatan akibat putus cinta selanjutnya berhubungan dengan kesehatan otak. Bagian dari otak yang ikut terpengaruh adalah secondary somatosensory cortex. Akibatnya tubuh akan merasakan nyeri otot dan pegal-pegal.

Rambut. Kesehatan rambut pun akan terganggu saat anda patah hati. Pada tingkat stress tertentu, beberapa kantung rambut akan berhenti tumbuh sehingga anda mengalami kerontokan hebat. Bila anda tak mau mengalami penipisan rambut, pastikan untuk mengatur stress dengan baik. Jangan lupa konsumsi makanan yang bergizi dan sehat untuk rambut.

Kulit. Hormon stress akan meningkat saat anda patah hati yang mengakibatkan gangguan kesehatan pada kulit. Jangan heran bila anda sering mendapati munculnya jerawat dan bintik-bintik merah pada kulit akibat iritasi ataupun peradangan. Solusinya jangan biarkan anda merasakan stress yang berlarut-larut.

Blog, Updated at: 15:09

0 comments:

Post a Comment

Kategori

Daftar isi