6 Tanda Saat Wanita Kurang Gizi

6 Tanda Saat Wanita Kurang Gizi - Kurang gizi tak hanya dialami oleh anak-anak saja namun juga wanita dewasa. Terkadang banyak sekali wanita dewasa yang tak sadar saat mereka mengalami kekurangan nutrisi. Banyak makan bukan berarti gizi dalam tubuh sudah terpenuahi dengan baik. Kecukupan nutrisi dalam tubuh perlu dilakukan dengan seimbang artinya kebutuhan tubuh akan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral sudah tercukupi. Banyak wanita yang doyan mengkonsumsi makanan dan minuman cepat saji dengan nilai gizi yang kurang. Waspadai tubuh anda saat kekurangan nutrisi sehingga anda bisa melakukan langkah perawatan tubuh yang tepat. Dengan begitu kesehatan pun tidak akan terganggu.



Berikut adalah beberapa tanda yang perlu anda perhatikan saat tubuh kekurangan gizi pada wanita :

Sensitif. Kurang gizi bisa mengakibatkan terjadinya perubahan hormon dalam tubuh. Bila kadar hormon di dalam tubuh tak menentu, anda pun juga akan mengalami mood swing dimana banyak wanita mudah tersinggung dan marah karena hal-hal kecil.

Tekanan darah rendah. Banyak wanita mendambakan tubuh yang langsing. Mereka rajin berolahraga dan melakukan diet ketat. Tekanan darah pun jadi menurun akibat diet ketat yang anda lakukan. Tubuh kekurangan lemak dan karbohidrat sebab anda terlalu membatasi asupan gula. Meskipun anda ingin menurunkan berat badan, pastikan tubuh tetap mendapatkan energi dari karbohidrat dan lemak yang baik.

Mudah cemas. Kecemasan yang muncul tanpa sebab merupakan tanda kurang gizi pada wanita yang perlu diwaspadai. Kecemasan tersebut bisa berdampak buruk pada kegiatan sehari-hari yang anda lakukan. Anda tampak gelisah dan murung karena tubuh tak mendapatkan energi yang cukup untuk bergerak dan beraktifitas. Kondisi tersebut juga disebabkan oleh asupan kalsium yang kurang. Oleh sebab itu anda perlu membenahi diet yang dilakukan tanpa harus menghindari asupan lemak dan karbohidrat.

Jadi pemalas. Bila anda biasanya rajin untuk melakukan aktiftas baik di rumah maupun di kantor dan sekarang merasa tak bertenaga bisa jadi anda mengalami kurang gizi. Kepala akan sedikit pusing karena otak tak memperoleh cukup energi.

Anemia. Saat anda sedang dalam masa menstruasi, pastikan tubuh selalu mendapatkan asupan zat besi yang cukup. Anda bisa mengkonsumsi bahan makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam. Kekurangan zat besi bisa berakibat pada anemia yang membuat anda sering merasa lelah, letih dan lesu.

Rambut rontok. Tanda kurang gizi yang paling menyebalkan untuk wanita adalah kerontokan pada rambut. Anda tak mau jadi botak bukan? Kondisi ini terjadi karena anda kekurangan vitamin E. Rawat rambut anda dari dalam dengan mengkonsumsi suplemen vitamin E, tauge atau alpukat.

Blog, Updated at: 14:16

0 comments:

Post a Comment

Kategori

Daftar isi