Penyebab Penyakit Lupa Pada Manusia

Penyebab Penyakit Lupa Pada Manusia - Tidak ada seseorang yang tidak mengalami penyakit lupa. Mungkin Sobat tidak tahu apa penyebab penyakit lupa. Nah untuk itu Blog Tujuh_Belas_Tahun akan share mengenai apa penyebab penyakit lupa pada manusia. Silahkan sobat baca penyebab penyakit lupa di bawah ini.


1. Depresi
Depresi yang di gambarkan sebagai penyakit mental akibat adanya keputusasaan sehingga tidak peduli terhapad lingkungan sekitar akibatnya mereka sering berada pada dunia mereka sendiri entah itu kenangan masa lalunya atau hal – hal yang berkaitan dengan ingatan2 yang suram, sehingga mereka kadang bisa bahagia tiba – tiba saja bisa menangis tanpa sebab akibat yang jelas.

2. Stress
Di saat kita stress tubuh mengalami hal yang di luar kebiasaan, misalnya otot menjadi tegang, gelisah, kecemasaan yang tinggi memikirkan sesuatu yang tidak baik atau karena mengali tekanan otak akibat bekerja terlalu keras. Sehingga hal ini dapat memperlambat proses encoding yaitu menyimpan dan mengingat informasi yang di terima oleh otak .

3. Overload
Sebuah penelitian klinis di Glasgow menyatakan, orang menjadi lebih pelupa dikarenakan gaya hidupnya yang sibuk dan kelebihan informasi (dari telepon seluler, televisi, radio, dan internet). Lupa bisa terjadi karena banyaknya kegiatan dan informasi yang kita terima namun kemampuan konsentrasi kita tidak focus sehingga ketika terlalu banyak informasi yang masuk namun kita tidak focus pada salah satunya akibatnya diantara hal yang kita lakukan akan terlupakan,misalnya belajar sambil menonton televise itu sangat tidak baik konsentrasi kita akan terbagi dua antara menonton dan belajar, sebaik di lakukan satu persatu terlebih dahulu.

4. Tiroid
Gangguan tiroid, seperti hipotiroidisme dan hipertiroidisme, telah diketahui memengaruhi (kebingungan) mental dan ketidakmampuan mengingat hal-hal untuk waktu yang lama. Solusinya, lakukan pengobatan untuk untuk meng*obati masalah tiroid Sobat.

5. Kurang Tidur
Kurang tidur juga dapat menyebabkan lupa. Namun biasanya yang memicu kurang tidur ini adalah stres. Ketika Sobat stres, pikiran biasanya lebih fokus pada masalah dan itulah yang membuat Sobat kehilangan nafsu untuk tidur. Jika memang Sobat kurang tidur di malam hari, usahakanlah membalasnya dengan tidur siang. Tidur siang juga baik untuk menyegarkan pikiran Sobat.

6. Diet Berlebih
Diet merupakan salah satu penyebab lupa hal itu terjadi karena diet yang berlebih atau diet buruk.diet yang tidak tepat bisa menyebabkan kekurangan vitamin yang penting dan gizi dalam tubuh, untuk itu dietlah yang teratur dan seimbang.

7. Alkohol dan Narkoba
Alkohol dan narkoba merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan kelupaan. Ketika seseorang benar-benar mabuk, dia tidak akan pernah ingat apa yang diceritakan atau dijelaskannya. Serupa dengan itu, kasus kecanduan narkoba juga bisa membuat sel-sel otak kehilangan kontrol seperti ketika mereka mengonsumsi alkohol berlebihan.

8. Trauma Fisik atau Emosional
Trauma fisik bisa terjadi karena benturan akibat dari kecelakaan mobil atau sejenisnya. Trauma tersebut dapat mempengaruhi otak yang merupakan pusat memori, kecerdasan emosi, dan lain-lain sehingga Sobat kehilangan memori secara tiba-tiba. Tingkat keparahan kondisi tergantung pada tingkat kerusakan yang disebabkan kecelakaan. Dalam beberapa kasus, orang bisa saja menderita amnesia permanen.

9. Alzheimer
Jika salah satu penyebab lupa Sobat adalah akibat kondisi medis yang serius, maka itu bisa jadi dikarenakan Alzheimer. Penyakit ini bisa menyebabkan hilangnya memori, bahasa, dan kemampuan kognitif Sobat, juga memengaruhi kesehatan mental yang bisa mengarah pada masalah demensia dan akhirnya meninggal.

Blog, Updated at: 10:33

0 comments:

Post a Comment

Kategori

Daftar isi